Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense di Blogger

Cara mengatasi masalah Ads.txt di Akun Google Adsense - Beberapa waktu lalu saya cukup terkejut dengan adanya peringatan di dashboard Google Adsense mengenai "Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayangan Adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda." Saya pikir peringatan tersebut muncul dikarenakan salah satu situs saya melanggar kebijakan Adsense. Tapi setelah coba saya telusuri, ternyata Google Adsense dan Blogger sudah memberlakukan kebijakan mengenai Ads.txt.

Kebijakan tersebut memang secara resmi diberlakukan pada bulan januari 2018, jadi jangan khawatir jika terdapat peringatan tersebut pada dashboard adsense Anda. Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena Ads.txt tidak otomatis aktif. Jika blog Anda bukan blog yang digunakan untuk mendaftar Adsense, peringatan tersebut bisa saja muncul dan mengharuskan mengaktifkan fitur Monetize Ads.txt. Tapi jika blog yang digunakan untuk mendaftar Adsense, contohnya melalui fitur earning di dashboard blogger, fitur Monetize Ads.txt akan otomatis aktif.

Bagi pengguna Blogger yang situsnya mendapatkan pelanggaran tersebut, cara pengentasannya cukup mudah, karena di dashboard blogger terdapat fitur untuk mengaktifkan fitur Ads.txt. Oh ya, hampir lupa, jika Anda tidak segera mengatasi masalah Ads.txt ini pada blog Anda, iklan yang ada di blog Anda tidak akan tampil alias blank. Jadi secepatnya selesaikan masalah ini, agar penghasilan tetap berjalan (itu juga yang dikatakan pada peringatan Google Adsense). Nah, langsung saja berikut cara mengatasi peringatan Ads.txt Google Adsense di Blogger.

Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense di Blogger

1. Pertama silahkan klik "Action" pada peringatan Google Adsense di Dashboard.
2. Disitu silahkan copy kode yang berada di kolom peringatan.


3. Kemudian masuk ke Blogger - Preferensi penelusuran dan aktifkan fitur Monetize Ads.txt dengan cara klik "Edit".


4. Selanjutnya silahkan pilih "Ya" lalu masukkan kode yang sudah dicopy tadi ke kolom yang sudah disediakan, dan "Simpan perubahan".


5. Nah, tinggal tunggu hingga 24 jam hingga terdeteksi oleh Google Adsense. Jika berhasil iklan yang tadinya tidak muncul (blank) menjadi muncul.

Nah, itulah cara mengatasi peringatan Ads.txt di Google Adsense melalui blogger. Jika mengalami kendala atau kesulitan silahkan ditanyakan di kolom komentar, sekian dan semoga berhasil.

13 Responses to "Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense di Blogger"

  1. gan kalo kita punya lebih dari 1 akun di blog bagaiaman cara pasang ads.txt nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aktfikan Ads.txt hanya pada blog yang terkena peringatan saja gan. Tapi jika Agan ingin mengaktifkan Ads.txt di semua blog agan juga tidak apa-apa, caranya seperti diatas, aktifkan satu persatu.

      Delete
  2. Wahh pantesan... Ternyata itu masalah nya, thanks gan udah memmbantu dengan artikelnya

    ReplyDelete
  3. tetep iklannya belum bisa muncul gan, udah 24 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sih gan, emang agan pake platform apa? Kalau di blogger tinggal ikuti tutorial diatas dan untuk nomor publisher jangan sampai salah.

      Delete
  4. gan tetep tidak muncul di blog sya. iklanya pakai domain .net adakah saran mohon di bales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diteliti kembali gan, pastikan kode Pub-nya sudah benar, dan setelah melakukan cara tersebut tunggu kurang lebih 24 jam.

      Delete
  5. Cara ketahui yang mana situs yang menjadi masalah ads.txt gimana mas ?
    Mohon dijawab, soalnya saya sudah pasang di salah satu blog tetapi beberapa hari masih terlihat peringatan di dashboard adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti gambar di nomor 2, itukan juga ada URL blog yang harus dipasangi ads.txt.

      Delete
    2. Thanks om, baru sadar saya ternyata ada url blog yanh harus dipasang ads.txt
      Terima kasih sudah membantu menyelesaikan. Semoga blog anda semakin berkembang dan bermanfaat amiin

      Delete
  6. Baru saya coba triknya. Semoga berhasil. Thanks ya atas trik tutorialnya.

    ReplyDelete

# Silahkan berkomentar sesuai Topik.
# Komentar Anda akan di moderasi terlebih dahulu baru akan di publish
# Dan Jangan sampai kommentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih