Cara Cek Resi JNE via HP Resmi dan Akurat 100%

Cara mengecek nomor resi JNE - Dulu saya pernah membagikan bagaimana cara melacak atau mengecek barang menggunakan nomor resi JNE. Nah, pada kesempatan kali ini saya masih akan membagaikan tutorial yang sama namun kali ini lewat HP. Tutorial tersebut saya buat ulang karena pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan pengguna laptop atau komputer.

Bagi orang yang sering membeli barang secara Online, pastinya membutuhkan apa yang namanya jasa pengiriman. Jasa pengiriman inilah yang aka mengantar barang ke tempat tujuan (pembeli). Setiap toko online Indonesia sendiri mendukung banyak kurir atau jasa pengiriman, diantaranya yang cukup banyak digunakan adalah JNE, POS, J&T, Sicepat, Tiki, Wahana dan lain sebagainya. Diantara jasa pengiriman tersebut yang mungkin paling banyak digunakan adalah JNE.

JNE atau memiliki jepanjangan Jalur Nugraha Ekakurir adalah salah satu jasa pengiriman terbaik di Indonesia yang pertama kali didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno.  Pada awalnya JNE didirikan hanya untuk mengurusi jaringan kurir internasional yang kegiatan utamanya berpusat pada kegiatan kepabeanan, import/kirim barang serta pengantaran barang dari luar negeri ke Indonesia. Sejak jual beli secara online mulai populer dan juga menjanjikan, JNE kemudian memperluas jaringan di daerah Dosmetik.


JNE berkantor pusat di Jakarta dengan berbagai cabang di seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Karena banyaknya cabang inilah, menjadikan JNE sebagai salah satu jasa pengiriman yang cukup populer di Indonesia. Nah, oleh karena itulah alasan mengapa banyak orang mencari cara bagaimana cara cek nomor resi JNE. Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara cek no resi JNE via HP yang bisa dilakukan dimana saja.

Cara Mengecek Nomor Resi JNE Lewat HP

1. Pertama pastikan Anda sudah mengetahui nomor Resi pengiriman barang Anda. Sebagai contoh di sini saya akan ambil nomor resi barang dari Tokopedia.


2. Kemudian silahkan buka browser di HP Anda, bisa dengan Google Chrome, Opera Mini, UC Browser, dan lain sebagainya, kemudian buka link web resmi JNE berikut https://www.jne.co.id/id/tracking/trace

3. Selanjutnya masukkan nomor Resi Anda ke dalam kolom yang sudah disediakan, masukan juga kode captcha yang tersedia dan klik "Search".


4. Setelah itu akan muncul informasi pengiriman, seperti nama penerima, destinasi, dan barang sudah berada dimana bisa dilihat pada bagian "Status".


5. Berikut penjelasan mengenai informasi status tersebut.
  • Manifest : Barang telah didaftarkan dan siap dikirim dari kantor JNE asal pengiriman.
  • On-Process : Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan ke alamat tujuan.
  • On-Transit : Barang sedang transit di kota lain menuju kota tujuan.
  • Received On Destination : Barang telah sampai di kantor JNE kota tujuan dan akan dikirim ke alamat yang dituju.
  • Delivered : Barang telah sampai dan diterima di alamat yang dituju dan nama penerima barang telah dicatat.
  • Criss Cross : Kondisi barang tertukar. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
  • Cnee Unknown : Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan. Hubungi pihak jasa pengiriman bila barang belum diterima.
  • AU to OPS : Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas.
  • AU (Antar Ulang) : Barang akan diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya.
  • Redelivery/RD: Barang telah diantar ulang ke alamat yang dituju.
  • BA (Bad Address) : Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dan sebagainya. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau patokan dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
  • R (misroute) : Salah antar, salah kirim, salah jalur, salah alamat. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
  • Closed Once Delivery Attempt : Kurir telah datang tetapi rumah atau alamat penerima sedang tutup/kosong. Barang bisa diambil di kantor jasa pengiriman terdekat jika telah gagal dikirim 3 kali. Hubungi pihak jasa pengiriman.
  • TH (Not At Home?) : Penerima tidak ada di rumah(sedang keluar). Barang bisa diambil di kantor jasa pengiriman terdekat jika telah gagal dikirim 3 kali. Hubungi pihak jasa pengiriman.

Nah, itulah bagaimana melacak barang kiriman JNE sudah sampai mana menggunakan nomor Resi JNE. Demikian informasi yang dapat saya bagikan seputar cek resi dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Share this!

0 Response to "Cara Cek Resi JNE via HP Resmi dan Akurat 100%"

Post a Comment

# Silahkan berkomentar sesuai Topik.
# Komentar Anda akan di moderasi terlebih dahulu baru akan di publish
# Dan Jangan sampai kommentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih